Biografi Narasumber

Awang Azman Awang Pawi

Professor Dr Awang Azman Awang Pawi

Associate Professor Dr Awang Azman Awang Pawi adalah seorang analis sosial budaya terkemuka di Malaysia dalam Studi Melayu. Saat ini, ia adalah Wakil Direktur Akademi Studi Melayu di Universiti Malaya. Terlatih dalam Studi Melayu di Universiti Malaya, universitas terbaik di Malaysia berdasarkan peringkat dunia THES. Pendekatan multidisiplin dalam bidang studi di mana ia telah meneliti, memberi kuliah dan menerbitkan secara luas dalam budaya, warisan dan sastra Melayu selama 20 tahun. Ini juga termasuk studi tentang budaya politik Melayu karena ia terkenal di Malaysia. Dia juga ditunjuk sebagai sarjana tamu dan peneliti di Universitas Leiden, Studi Oriental, Praha, Universitas Hankuk dan program pertukaran dengan Universitas Taiwan.

Dia secara teratur dikonsultasikan oleh kementerian seperti Kementerian Pendidikan Tinggi, pemerintah negara bagian dan sektor swasta tentang masalah sosiokultural dan sosiopolitik dalam berbagai masalah. Sebagai intelektual publik, ia juga mengomentari media massa lokal dan internasional dan urusan terkini di kawasan ini, seperti di South China Morning Post (HK), Channel News Asia (Singapura), Nikkei Asian Review, (Jepang), Yonhap ( Korea Selatan), TEMPO dan Dagens Næringsliv (Norwegia). Dia juga telah melakukan penelitian yang luas tentang Masyarakat Melayu Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, Indonesia. Sekarang, dia adalah Pemimpin Redaksi Jurnal Melayu Sedunia, Universiti Malaya dan buku terbarunya adalah "Budaya Harian Politik Sarawak" yang diterbitkan oleh Universiti Malaya.


Suwardi Endraswara

Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum

Belajar Sastra dan Budaya Jawa di IKIP Yogyakarta, tahun 1989. Sejak itu dipercaya menjadi staf pengajar di almamaternya, yang sekarang menjadi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, FBS UNY. Kemudian menempuh Program S2 di Fakultas Ilmu Budaya UGM. Pernah bekerja sebagai guru SPG 17 III Bantul selama tiga tahun, redaksi majalah Mekar Sari selama dua tahun, juga pernah menjadi ketua penyunting majalah sastra Jawa Pagagan. Beberapa buku yang sudah ditulisnya antara lain:

  1. Metode Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan aplikasi;
  2. Metode Penelitian Psikologi Sastra: Teori, Langkah dan Penerapannya;
  3. Falsafah Hidup Jawa;
  4. Metode dan Teori Pengajaran Sastra;
  5. Filsafat Kejawen dalam Aksara Jawa;
  6. Kebatinan Jawa dan Jagad Mistik Kejawen;
  7. Mistik Kejawen: Sinkretisme, Simbolisme, dan Sufisme dalam Budaya Spiritual Jawa;
  8. Budi Pekerti dalam Budaya Jawa;
  9. Etika Hidup Orang Jawa;
  10. Dunia Hantu Orang Jawa: Alam Misteri, Magis dan Fantasi Kejawen;
  11. Sastra Ekologis:Teori dan Praktik Pengkajian;
  12. Psikologi Raos dalam Wayang;
  13. Seksologi Jawa;
  14. Berpikir Positif Orang Jawa;
  15. Folklor Jawa: Macam, Bentuk dan Nilainya;
  16. Antologi Crita Cerkak: Senthir;
  17. Agama Jawa: Ajaran, Amalan dan Asal-usul Kejawen;
  18. Salah Kaprah Bahasa Jawa: Kontroversi Benar-Salah Bahasa Jawa.

Suminto A. Sayuti

Prof. Dr. Suminto A. Sayuti

Merupakan salah satu guru besar di Fakultas Bahasa dan Seni dan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Beliau merupakan guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang juga menggeluti seni karawitan dan menggagas serta aktif sebagai pengurus Masyarakat Karawitan Jawa. Ratusan karya lahir darinya, baik berupa makalah, diktat, buku, kumpulan puisi, cerita pendek, esai sastra, dan sebagainya. Beberapa karya Suminto adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulan Sajak Malam Tamansari;
  2. Resepsi Sastra;
  3. Intertekstualitas: Pemandu Pengkajian Sastra;
  4. Ensiklopedia Sastra Indonesia;
  5. Evaluasi Teks Sastra;
  6. Semerbak Sajak;
  7. Berkenalan Dengan Prosa Fiksi;
  8. Berkenalan Dengan Puisi.

Melani Budianta

Prof. Melani Budianta, Ph.D

Seorang intelektual publik, akademikus dan aktivis. Ia merupakan guru besar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia dengan kepakaran di bidang kajian gender, pascakolonialisme, sastra bandingan, dan kajian budaya. Di Indonesia, Melani Budianta dikenal sebagai intelektual publik yang aktif dalam gerakan perempuan. Latar belakang pendidikan Melani adalah Sastra Inggris; ia menulis skripsi sarjana tentang Harold Pinter di Universitas Indonesia (1979) dan disertasi doktoral tentang Stephen Crane di Cornell University (1992). Namun kemudian Melani banyak memberi sumbangan dalam dunia sastra Indonesia sebagai kritikus dan pengajar . Ia juga turut memberikan kontribusi dalam sejumlah upaya pendokumentasian karya-karya sastra Indonesia, beberapa di antaranya adalah :

  1. Antologi Drama (editor, bersama Sapardi Djoko Damono dan Antologi Drama Indonesia, Jilid 1 (1895-1930) (Editorial Board)
  2. Pada tahun 2010, bersama Riris K. Sarumpaet, Melani menyunting kumpulan tulisan tentang penyair Sapardi Djoko Damono dalam tulisan Membaca Sapardi (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010).
  3. Beberapa buku yang ditulis maupun diterjemahkan oleh Melani, seperti Membaca Sastra: Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi dan Teori Kesusastraan terus dipakai dalam pengajaran sastra di tataran universitas.

Melani memberi perhatian besar dalam hal penerjemahan sastra. Ia menulis sebuah pengantar sekaligus ulasan mendalam untuk novel Arundhati Roy, The God of Small Thingsedisi Indonesia (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2002). Artikelnya, "Tiga Wajah Julius Caesar: Gender dan Politik dalam Terjemahan," menelaah terjemahan Julius Caesar karya William Shakespeare oleh Muhamad Yamin (1951), Asrul Sani (1976), dan Ikranegara (1985) dalam khasanah teater Indonesia.


Mursalim

Dr. H. Mursalim, M.Hum

Merupakan Dekan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Beliau memulai pendidikan S1 di Universitas Mulawarman pada tahun 1981 bidang ilmu PBSI dan daerah. Melanjutkan S2 di Universitas Hasanuddin pada tahun 1994 dalam bidang ilmu bahasa Indonesia, dan melanjutkan S3 di Universitas Negeri Jakarta pada tahun 1999 bidang ilmu manajemen pendidikan. berikut beberapa penelitian yang beliau lakukan dalam lima tahun terakhir :

  1. Pemakaian BI di Objek Wisata Kab. Kutai Kartanegara (1997)
  2. Evaluasi Pengelolaan Perpustakaan di Unmul (2012)
  3. Perbandingan Struktur Cerita Rakyat Tuwau (Kutai) dengan Cerita Rakyat Jaka Tarub (Jawa)

Berikut adalah karya tulis ilmiah / jurnal dalam lima tahun terakhir :

  1. Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Pemb. Apre. Sastra di SD (Jurnal LOA)
  2. Peningkatan Kemampuan Menanggapi cara Pembacaan Cerpen dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa MTS Sulaiman Yasin Samarinda(Jurnal Cerdas Kreatif)
  3. Penerapan Metode Struktural Analisis Sintetis dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar (LOA)
Berikut pengalaman pengabdian kepada masyarakat dalam lima tahun terakhir :
  1. Pelatihan Bahasa Indonesia Guru SLTP Kabupaten Kutai Barat (2012)
  2. Diklat Administrasi Perkantoran Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim (2012)
  3. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program KKN(2012)
Berikut pengalaman penyampaian makalah secara oral pada pertemuan/seminar ilmiah dalam lima tahun terakhir :
  1. Seminar nasional di Universitas Negeri Gorontalo tahun 2012 dengan judul makalah Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Apre. Sastra di SD
  2. Seminar nasional di FIB Universitas Udayana Bali tahun 2013 dengan judul makalah Interferensi Morfologis Bahasa Kutai dalam Bahasa Lisan
  3. Konferensi antar bangsa islam Borneo VI Kuching, Sarawak tahun 2013 dengan judul makalah Pengelolaan Bahasa Indonesia Lisan dan Tulis dalam Kegiatan Dakwah

Lokasi

Jl. P. Flores No.1, Pelabuhan, Samarinda, Kalimantan Timur 75112


Narahubung

Email:
seminar.fib.unmul@gmail.com

Pembayaran:
a.n. Famala Eka Sanhadi Rahayu
0717302362


Tools & Indexed by